Biaya Asuransi Mobil All Risk Serta Cara Menghitungnya

Biaya Asuransi Mobil All Risk Serta Cara Menghitungnya

Bagaimana cara menghitung biaya asuransi mobil all risk dengan mudah dan cepat? Sebenarnya menghitung besaran pengeluaran untuk asuransi kendaraan tidak sulit asalkan Anda mengetahui rumusnya.

Asuransi merupakan bentuk layanan yang diberikan kepada setiap pemilik kendaraan khususnya dalam hal mobil. Layanan tersebut bermanfaat jika terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan terjadi pada mobil Anda.

Seperti kendaraan yang tidak sengaja terkena bencana alam sehingga merugikan Anda. Selain itu pertanggungan all risk cenderung lebih lengkap karena semua kerusakan dapat ditanggung penyedia layanan asuransi.

 

Ketentuan Hitungan Biaya Asuransi Mobil All Risk

Menghitung besaran yang dikeluarkan untuk layanan asuransi bisa dilakukan dengan langkah mudah. Langkah pertama adalah dengan mencermati beberapa ketentuan tarif batas bawah dan atas terbaru untuk masing-masing wilayah.

Terdapat tiga klasifikasi wilayah yang perlu diperhatikan dalam menghitung besaran total asuransi mobil ini. Ketiganya yaitu wilayah 1 yang terdiri dari area Sumatera dan beberapa kepulauan sekitarnya.

Wilayah kedua terdiri dari area DKI Jakarta, Jakarta Barat dan daerah Banten. Sementara wilayah ketiga merupakan klasifikasi daerah yang tidak disebutkan pada kategori pertama dan kedua.

Sehingga penghitungan biaya asuransi untuk mobil ini di Jakarta dan luar Jawa tentu saja berbeda. Hal tersebut jika didasarkan pada ketentuan dalam penghitungan dan klasifikasi wilayah.

Selain ketentuan tersebut Anda juga perlu mencermati harga kendaraan pada saat membeli. Asuransi mobil berbeda dengan kendaraan jenis bus dan truk jika didasarkan pada penghitungan tarif dan uang pertanggungan.

Ketentuan lain yang penting dalam penghitungan biaya asuransi mobil all risk yaitu jangka pembayaran premi. Setiap pemilik mobil perlu mengetahui bahwa pembayaran premi dilakukan setiap satu tahun sekali.

Kendati demikian ada berbagai manfaat yang didapat jika Anda membayarkan premi setiap tahunnya. Misalnya jaminan pertanggungan biaya atas hal-hal buruk yang menimpa kendaraan mobil Anda.

 

Baca Juga: Daftar Asuransi Mobil Paling Bonafit di Indonesia

 

Cara Menghitung Biaya Asuransi Mobil All Risk

Ada cara menghitung besaran premi yang harus dibayarkan ke pihak penyedia layanan asuransi. Cobalah perhatikan cara menghitung premi untuk kendaraan roda empat atau mobil di bawah ini.

Sebagai contohnya Anda membeli sebuah mobil baru dengan merek dan tipe X dengan kisaran harga Rp.250.000.000 juta. Anda saat ini tinggal di Jakarta dan ingin mengajukan perlindungan terhadap kendaraan tersebut.

Untuk menghitung biaya asuransi mobil all risk terdapat beberapa dasar penghitungan. Cobalah menghitung menggunakan dasar besaran premi untuk kendaraan roda empat seperti mobil non truck.

Jika Anda bertempat tinggal di Jakarta maka penghitungan premi menggunakan dasar aturan wilayah 2. Penghitungan presentase tarif batas bawah dari 2,08 persen sampai 2,29 persen.

Cara menghitungnya yaitu 2,08 persen X Rp.250.000.000 juta = Rp.5.200.000. Memang biaya premi tersebut lebih mahal daripada jenis asuransi lainnya dikarenakan pertanggungan untuk semua risiko.

Selain biaya tersebut pemilik kendaraan juga umumnya akan dikenakan biaya polis materai. Tidak hanya itu saja, membeli asuransi kendaraan roda 4 jenis all risk juga dikenai administrasi.

Namun biaya administrasi berbeda-beda pada masing penyedia layanan jasa asuransi. Biaya khusus untuk administrasi mulai dari Rp.50 ribu sampai Rp.100 ribuan tergantung kebijakan penyedia layanan asuransi kendaraan.

Biaya akan lebih besar lagi jika pemilik kendaraan berada di luar Jakarta misalnya tinggal di kawasan wilayah 1. Misalnya di luar Jawa yang menerapkan aturan pembayaran asuransi kategori wilayah 1.

 

Lihat Juga: Model Rumah Sederhana Minimalis Terbaru

 

Jadi, menghitung anggaran yang dikeluarkan untuk asuransi kendaraan bisa dilakukan secara mandiri. Terlebih Anda dapat memanfaatkan cara menghitung biaya asuransi mobil all risk di atas.

ARTIKEL TERKAIT
Daftar Asuransi Mobil Paling Bonafit di Indonesia 2022
Daftar Asuransi Mobil Paling Bonafit di Indonesia

Mencari daftar asuransi mobil terbaik dan paling bagus di Indonesia? Apabila jawabannya "YA", maka saat ini Anda berada di tempat >>> Baca lebih lajut

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

4 Bahan Pemutih Kulit yang Berbahaya, Anda Harus Tahu! Next post 4 Bahan Pemutih Kulit yang Berbahaya, Anda Harus Tahu!