Ciri Keputihan Tidak Normal Saat Hamil dan Cara Menghindarinya

Ciri Keputihan Tidak Normal Saat Hamil dan Cara Menghindarinya

Ciri keputihan tidak normal saat hamil dapat Anda lihat dari tekstur, warna, dan rasa yang ditimbulkan. Hal ini hampir sama dengan tanda-tanda keputihan pada saat tidak hamil.

Anda harus mengetahui beberapa faktor penyebab keputihan pada ibu hamil dan jenis keputihan saat hamil. Penting juga untuk mengenali tanda-tanda keputihan tidak normal pada masa hamil dan cara mencegahnya agar tidak berbahaya bagi janin.

 

Ciri-ciri Keputihan Abnormal Saat Hamil

Jika terjadi keputihan pada waktu hamil, tentunya akan menimbulkan rasa tidak nyaman bagi ibu hamil.

Adapun gejala keputihan tidak normal dan ciri-ciri keputihan yang berbahaya saat hamil yaitu:

  • Cairan berbau tidak sedap/busuk dan kental
  • Berwarna kuning, atau cokelat, hijau, dan disertai darah
  • Timbul rasa panas di area kewanitaan
  • Muncul rasa gatal di daerah kewanitaan
  • Keluar cairan yang berlebihan mirip menstruasi
  • Muncul rasa nyeri di bagian panggul atau perdarahan

 

Apabila Anda mengalami gejala keputihan abnormal selama hamil, segera hubungi dokter untuk mendapat penanganan yang tepat.

 

Lihat Juga: Pemutih Kulit yang Sangat Berbahaya

 

Penyebab Keputihan Tidak Normal Saat Hamil

Faktor penyebab timbulnya keputihan atau leucorrhea yang abnormal ketika hamil, pada umumnya karena tejadi infeksi pada daerah kewanitaan atau leher rahim. Namun jika infeksi tersebut disertai dengan munculnya cairan yang berwarna kekuningan, maka keputihan tersebut disebabkan karena telah terjadi pertumbuhan jamur secara berlebihan di area kewanitaan.

Pada waktu mengandung maka hormon estrogen akan meningkat dan menyebabkan naiknya produksi lendir. Ini adalah hal yang normal walaupun keluarnya lendir terkadang disertai bercak. Yang patut untuk diwaspadai yaitu jika munculnya lendir disertai juga dengan timbulnya bau dan perubahan warna serta muncul rasa terbakar atau gatal-gatal.

Keputihan tidak normal ketika hamil seyogyanya jangan dibiarkan karena bisa berdampak buruk pada organ reproduksi serta dapat mempengaruhi kesehatan bayi dalam kandungan.

 

Baca Juga: 5 Gaya Rambut Pria yang Disukai Wanita

 

Cara Mencegah Keputihan Tidak Normal Pada Waktu Hamil

Setelah kita mengetahui ciri keputihan tidak normal saat hamil dan penyebab keputihan abnormal pada bumil, tentunya Anda ingin mengetahui tips untuk menghindari dan mencegah keputihan yang berbahaya ketika sedang mengandung.

Cara mencegah keputihan yang tidak normal pada waktu sedang hamil sesungguhnya terletak pada pola perilaku kita sehari-hari. Misalnya dengan mengenakan celana dalam berbahan katun agar dapat menyerap keringat dengan baik. Dan sebaiknya tidak memakai celana dalam berbahan sintetis serta jangan menggunakan pantyliner terlalu sering.

Cara mencegah keputihan abnormal saat sedang hamil juga dilakukan dengan selalu membersihkan dan mengeringkan area kewanitaan setiap selesai buang air kecil dan sehabis mandi. Hal ini bertujuan untuk mencegah timbulnya jamur. Cara membersihkannya yaitu dari depan ke arah belakang. Ketika membersihkan area kewanitaan tersebut, sebaiknya tidak memakai tisu atau sabun yang mengandung wangi-wangian atau parfum.

Yang paling krusial ketika mengalami gejala keputihan abnormal pada masa kehamilan yaitu selalu berkonsultasi dengan dokter agar keputihan tidak normal pada saat hamil dapat diatasi sejak dini.

 

Lihat Juga: Model Busana Muslimah Terbaru

 

Demikian ulasan kami tentang ciri keputihan tidak normal saat hamil dan cara menghindarinya. Semoga bermanfaat untuk pembaca setia Zanetha. Terima kasih.

ARTIKEL TERKAIT
4 Bahan Pemutih Kulit yang Berbahaya, Anda Harus Tahu!
4 Bahan Pemutih Kulit yang Berbahaya, Anda Harus Tahu!

Pemutih kulit yang berbahaya tidak hanya bisa menimbulkan kerusakan pada kulit, namun juga bisa mengancam kesehatan bagian dalam organ tubuh >>> Baca lebih lajut

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Daftar Asuransi Mobil Paling Bonafit di Indonesia Previous post Daftar Asuransi Mobil Paling Bonafit di Indonesia 2022
Cara Cek HP Disadap atau Tidak dan Trik Mengatasinya Next post Cara Cek HP Disadap atau Tidak dan Trik Mengatasinya